JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Pura Pancoran Tirta Sudamala Bangli Bali Untuk Melukat

PANCORAN TIRTA SUDAMALA - Bukan sembarang pancuran. Tak hanya sejuk, oleh masyarakat Bangli dan sekitarnya pancuran ini diyakini mengalirkan air yang mampu membersihan segala macam kekotoran jasmani maupun rohani, termasuk berbagai penyakit. Itu sebabnya diberinama "Pancoran Tirta Sudamala" dan pura kecil yang ada di sebelahnya (ada payung dalam foto) bernama "Pura Tirta Sudamala."

Efek paling nyata yg dirasakan, katanya, badan terasa ringan setelah dipijat oleh gempuran air pancuran yang posisinya cukup tinggi.

Jika gempuran air dirasa terlalu keras, bisa memilih pancuran yg posisinya lebih rendah. Terletak diantara rimbunnya pohon di lingkungan Desa Bebalang, Bangli, tempat pemandian khusus ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Bangli dan sekitarnya setiap Purnama dan Tilem (bulan mati).

Dan oleh masyarakat terdekat, air pancuran yang bersumber dari akar kayu ini juga dimanfaatkan sebagai air mandi dan minum,sehari-hari.

tirta sudamala

Sudamala ini dipercayai sebagai tempat melukat, yaitu tempat peleburan leteh atau kotoran dari diri manusia, atau ilmu hitam yang ada pada orang yang melukat tersebut. 

Di sudamala ini terdapat 9 buah pancoran yang cukup tinggi, 2 buah pancoran yang lebih rendah, 1 pancoran yang berasal dari dalam pura kecil yang terdapat di bawah Pura Tirta Sudamala dan 1 pancoran terakhir yang letaknya cukup jauh dari ke 12 pancoran tersebut. 1 pancoran ini terletak di utara bebatuan yang terdapat disudamala. 

Jika kita ingin melukat kita memulainya dari pancoran yang terletak di selatan kemudian dilanjutkan ke utara sampai ke pancoran yang terletak paling ujung utara Tempat ini. Setalah itu kita kembali sembhyang setelah usai melukat.

Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)